Minggu, 10 Maret 2013

Menulis Biodata Narasi

Ceritanya lagi nggak enak badan nih, terus lihat kertas-kertas numpuk, lupa belum dikoreksi. Akhirnya, dengan separuh tenaga yang tersisa, melirik kertas-kertas tugas peserta KCM 8. Yang menarik adalah puisi-puisinya, ada beberapa puisi yang membuatku mengernyitkan dahi. Pengen Update di sini sih, tapi nanti saja iah, mau minta izin dulu sama yang empunya. :D :D

Sebenarnya, aku tidak terlalu paham mengenai puisi. Jadi, yang menjadi fokus perhatianku di sini adalah Biodata Narasi yang menjadi tugas mereka. Subhanallah. . .

Koreksi yang paling penting adalah, jumlah kosakata yang diminta panitia. Panitia meminta biodata narasi max. 200 kata. Tapi, hampir sebagian menulis biodatanya lebih dari 200 kata. Padahal, umumnya dalam setiap perlombaan jumlah kata dalam narasi sangat dipertimbangkan, terkadang maksimal 100kata.  

Nah, mungkin mereka bingung, gimana cara ngitung jumlah kata yang ada di microsoft word. Gini nih, Kha kasih tahu caranya, pertama kamu bisa lihat di pojok kiri bagian bawah microsoft word, di sana tertulis jumlah kata yang telah kita gunakan. Kedua, kamu bisa pilih Ribbon Review terus pilih word account, atau yang ada lambang angka 123 dan ABC.

Kekonsistenan penggunaan sudut pandang. Misalnya, kalau dari awal menggunakan kata "aku", ya sampai akhir gunakan "aku" juga, begitu pun jika menggunakan kata "penulis" atau "dia". Jangan dicampur-campur kayak gado-gado.

Nih, ini contoh biodata narasi punya kha ...


Penulis adalah seorang gadis yang lahir sembilan belas tahun silam, bercita-cita menjadi seorang guru dan penulis. Dekha, begitu orang memanggilnya, lengkapnya Eka Hardiyanti. Penulis lebih suka ketika di setiap karyanya tertera nama Khadijah Anwar. Punya makna tersendiri baginya. Penulis tinggal di sebuah kota pempek, lengkapnya Jln. Pule Besar Rt.54 Rw.04, Kel.Sukamaju, Kec.Sako, Palembang. Tapi, jika ingin menghubunginya bisa lewat account facebook dengan nama akun Dekha Sajalah atau email: dekha88@yahoo.com. Bekerja seolah-olah akan hidup seribu tahun lagi, beribadah seolah akan mati esok.

Jumlah katanya cuma 81 kata. Jika diminta maks.200 kata kamu bisa menambahkan prestasi-prestasi yang pernah kamu dapatkan sebelumnya. 

Semoga bermanfaat :) :)

14 komentar:

  1. sangat membantu... by najmi si cowok keche

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat :) syukron

    BalasHapus
  3. thanks untuk contoh simple nya (y)

    BalasHapus
  4. Thanks buat contohnya..
    Lumayan.. lagi bingung untuk buat biodata di cerpen yang mau saya lombakan..

    BalasHapus
  5. terimakasih, sangat membantu

    BalasHapus
  6. Thanks a lot,
    Sangat membantu 😊

    BalasHapus
  7. Terima kasih, sangat membantu

    BalasHapus
  8. Semangat selalu buat de'Eka..
    Semoga menjadi kenyataan ya keinginan yang selama ini telah di cita-citakan, yaitu sebagai penulis yang handal dan guru yang hebat..
    Aamiin Ya Robbal Aalamiin

    BalasHapus
  9. Selain artikelnya yang bagus, blognya juga sangat lucu dan menarikk, terimakasih

    BalasHapus

kata-kata yang baik, mencerminkan pribadi seseorang.