Sabtu, 15 April 2017

Rute Hemat Yogyakarta - Palembang



Assalamu'alaikum...
Nah, kemarin saya update rute hemat dari Palembang ke Yogyakarta. Artikel satu ini akan bahas rute sebaliknya, Yogyakarta - Palembang. Sebenarnya nggak terlalu berbeda sih, tinggal di balik aja, tapi waktunya yang sedikit berbeda, so langsung dibaca-baca saja rutenya buat rekomendasi kalian nih.



Pertama, PESAWAT. 
Wah, ini transportasi pilihan banget buat yang gak mau ribet-ribet Paling mudah, simple, cepat dan bisa murah (kalau beruntung, haha) pesawat bisa menjadi pilihan terbaik buat kalian. Dengan pesawat biasanya paling murah harga pesawat langsung PLM – JOG kisaran di Rp 550.000, paling mahal saya pernah cek-cek tiket online sekitar Rp 1.400.000an, harga normal biasanya di 600 – 700ribu. Sebenarnya harga tiket tergantung jadwal berangkat dan kapan kalian belinya. Kalau saya sendiri biasanya paling suka cek tiket pesawat saat subuh, kalau dibanding-bandingkan, biasanya sih jauh lebih murah daripada jam-jam lain ceknya, walaupun tetap rutin juga tiap dua jam cek tiket pesawat. 

Mau tetap naik pesawat tapi hemat?
Kalau bahasanya saya sih, semi backpaker.  Gimana gak semi coba, soalnya mesti nyobain naik transportasi lain juga selain pesawat, selain itu, biasanya saya pilih opsi ini ketika tiket pesawat langsung berada di harga normal. Selain alasan itu, biasanya emang karena suka aja naik kereta dari pada naik pesawat, lebih punya banyak waktu untuk mengenal orang-orang baru. Oke deh, langsung aja deh kita bahas rutenya:

Via Lampung
Ini ceritanya nanti kalian akan naik pesawat dari Yogyakarta menuju Lampung. Lalu nanti dari Lampung lanjut naik kereta menuju Palembang. Oh ya, belum ada pesawat langsung JOG – LPG, jadi kalian tetap harus transit di Jakarta. Rutenya :
  • Bandara Adi Sucipto Yogyakarta – Bandara Raden Intan Lampung (tiket pesawat di kisaran Rp 600.000, paling murah pernah cek tiket di Rp 565.000,-)
  • Stasiun Tanjung Karang – Bandara Raden Intan (Naik bus warna biru, Rp 20.000, perjalanan 45 menitan)
  • Lampung – Palembang (Naik kereta Rajabasa dari Stasiun Tanjung Karang turun Stasiun Kertapati, ongkosnya Rp. 32.000,- dengan jarak tempuh 10 jam normal), 08.30 – 18.15.
So, total biaya yang harus kalian keluarkan sebesar  Rp 32.000 + Rp 5.000 + Rp 565.000 = Rp 602.000,-


Via Jakarta
Ini rute perjalanan favorit saya, karena lebih hemat dan santai dibandingkan beberapa rute lain. Masalahnya biasanya tiket kereta dari Lempuyangan ke Pasar Senen susah didapat kalau hari libur. Rutenya :
  • Stasiun Lempuyangan (Jogja) – Stasiun Senen (Naik kereta Bengawan yang paling murah Rp 74.000, pukul 15.28 – 00.28).
  • Stasiun Senen – Stasiun Gambir (Naik Ojek Online aja, Rp 15.000, tapi kalau kalian bisa nawar, naik ojek biasa juga bisa ditawar jadi Rp 15.000, 10 menit perjalanan, , biasanya saya baru ke Stasiun Gambir pukul 03.00, karena Damri baru mulai operasional pukul 03.00).
  • Stasiun Gambir – Bandara Soetta JKT – (Naik Damri, ada banyak damri di Gambir menuju Soetta, biasanya setiap 15 menit, Rp 40.000, perjalanan dinihari hanya 40 menit).
  • Bandara Soetta Jakarta – Bandara SMB II Palembang (Tiket pesawat pagi kisaran Rp 330.000, ).
 So, total biaya yang harus kalian keluarkan sebesar  Rp 330.000 + Rp 40.000 + Rp 15.000 + Rp 74.000 = Rp 459.000,-

Via Bandung
Ini rute saya sarankan untuk yang tidak ingin terlibat dengan hiruk pikuk Jakarta dan jalanannya.  
  • Stasiun Lempuyangan – Stasiun Kiara Condong  (Naik kereta Kahuripan, Rp 84.000, Pukul 18.15 – 02.42)
  • Stasiun Kiara Condong – Bandara Husein Sastranegara (Naik taksi Rp 60.000, kalau siang ada angkot, tapi saya sarankan taksi saja jika dinihari tiba di Bandung)
  • Bandara SMB II Palembang – Bandara Husein Sastranegara (Tiket pesawat pagi kisaran Rp 572.000,  pukul 11.35 - 12.50).
So, total biaya yang harus kalian keluarkan sebesar  Rp 572.000 + Rp 60.000 + Rp 84.000 = Rp716.000,-
 
Kedua, BUS.
Yups, Bus bisa jadi opsi kedua buat kalian yang ada keperluan di Palembang dari Yogyakarta. Ini saya kasih dua opsi bus yang bisa menjadi pilihan selama perjalanan. Bukan niat endorse, tapi emang beberapa kali menempuh perjalanan darat dari Yogyakarta menuju Palembang, dua transportasi ini yang paling nyaman. Nggak perlu takut dioper-oper, karena InsyaAllah akan diantarkan sampai tujuan.
Pertama kalian bisa naik bus Putra Remaja, di Palembang PO nya ada di daerah M. Isa atau opsi lain kalian bisa naik Bus Ramayana, PO nya ada di daerah km. 10. Kalau di Yogyakartanya saya belum paham dimana PO nya. Buat harganya, kisaran 300–350ribu. Keuntungan naik bus, kalian bisa lebih hemat 50%nya dibandingkan harga pesawat normal. Tapi, kalian juga harus memperhitungkan waktu yang kalian butuhkan. Waktu tempuh 36 jam dalam keadaan jalanan normal. Kalau dihitung-hitung sih kalian masih harus beli makan selama perjalanan, belum lagi ke toilet yang sekali masuk harus bayar Rp. 2000,-.

Ketiga, Rute BACKPACKER.
Nah, rute ini khusus buat kalian yang berjiwa backpaker banget ya, jangan coba-coba buat kalian yang gak suka perjalanan jauh yang panjang dan melelahkan. So, buat menempuh rute ini, kalian butuh fisik dan mental yang lumayan kuat. Karena kalian harus menghadapi kerasnya medan jalanan dan ragam karakter orang. Baiklah, langsung aja ini rutenya:
  • Stasiun Lempuyangan – Stasiun Senen (Jogja) (Dari Lempuyangan ke Senen ada kereta Bengawan yang paling murah Rp 74.000, Pukul 15.28 – 00.28)
  • Stasiun Senen – Pelabuhan Merak (Pelabuhan Merak terintegrasi dengan Stasiun Merak, jadi nanti turun di Stasiun Merak, terus jalan sedikit buat beli tiket Kapal Fery, 22.38 – 02.35, Rp 50.000)
  • Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni (Naik kapal fery, +- Rp 15.000,-, 2,5 – 3 jam waktu tempuh).
  • Pelabuhan Bakauheni – Stasiun Tanjung Karang (Naik Bus ke Stasiun Tanjung Karang, ongkosnya +- Rp 35.000,-)
  • Lampung – Palembang (Naik kereta Rajabasa dari Stasiun Tanjung Karang, turun di Stasiun Kertapati, ongkosnya Rp. 32.000,- dengan jarak tempuh 10 jam normal), 08.30 – 18.15.

So, total biaya yang harus kalian keluarkan sebesar  Rp 32.000 + Rp 35.000 + Rp 15.000 + 50.000 + Rp 125.000 = Rp 237.000,- 

Semua akumulasi biaya belum termasuk makan dan hahahihi selama perjalanan ya guys...
Update harga terakhir Bulan Maret 2017.

Buat Rute Palembang - Yogyakarta, bisa baca di sini ya guys...

Wassalamu'alaikum...
  ❤❤❤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kata-kata yang baik, mencerminkan pribadi seseorang.