Selasa, 03 Desember 2013

Melemang Tradisi 10 Muharam

MELEMANG TRADISI 10 MUHARAM KARANG RAJA

          Ntah dari mana aslinya tradisi ini, yang jelas setiap malam menjemput 10 Muharam, Desa Karang Raja, Kec. Muara Enim selalu melaksanakan tradisi ini. Acaranya luar biasa ramai. Bagaimana tidak. Desa yang terdiri atas 5 kampung ini, memiliki lebih dari 2000 Kepala Keluarga. Dan setiap kepala keluarga diwajibkan membuat lemang. Jika, satu KK saja membuat 10 lemang (biasanya lebih dari 40 lemang / KK), maka akan ada 20.000 lemang. Banyak sekali bukan? 
             Acaranya juga dihadiri langsung oleh bupati Muara Enim, yang menyumbang 100 kg ketan untuk Lemang. acara melemang diisi dengan tarian melemang dan berbagai acara lainnya. Sepanjang Jalan Karang Raja akan macet total. karena begitu besarnya antusias warga merayakan tradisi melemang, baik dari dalam kampung sendiri, maupun orang dari luar desa. Setiap orang yang datang berkunjung pasti akan mendapatkan lemang dari warga. 
               Oh ya, Lemang sendiri adalah makanan yang terbuat dari campuran beras ketan dan kelapa parut, yang dicampur juga dengan isi pisang atau udang atau bawang, dimasukkan kedalam bambu berukuran 30cm atau lebih panjangnya. Kemudian dipanggang di atas bara api. Namun, karena waktu memasaknya yang terlalu lama jika hanya dengan di panggang, maka kini disiasati dengan direbus terlebih dahulu baru kemudian dibakar. Rasanya tetap sama saja. 




Melemang di tempat kak Manto
Melemang, Karang Raja, 14 Nov 2013
^Khadijah Anwar^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kata-kata yang baik, mencerminkan pribadi seseorang.