Contoh Penelitian Eksperimen
Judul:
Penerapan Strategi Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran
IPA Siswa Kelas IV di MI Adabiyah II
Palembang
Masalah
Penelitian
Apakah ada
perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata
pelajaran IPA dengan penerapan strategi inkuiri di MI Adabiyah II Palembang?
Kajian
Teoritis dan Pengajuan Hipotesis
Kajian
Teoritis
Strategi inkuiri
adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir
secara kritis dan analistis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari
suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berpikir itu sendiri biasanya
dilakukan melalui tanya jawab antara guru dan siswa.
Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah
hasil belajar yang dilihat dari skor nilai tes mata pelajaran IPA atau nilai
yang diambil dari tes yang diberikan kepada siswa oleh guru berupa soal yang
sama, yang mana tes ini diberikan sebanyak dua kali yaitu pada kelas
kontrol (kelas yang tidak menggunakan strategi inkuiri) dan pada kelas
eksperimen (kelas yang menggunakan strategi inkuiri).
Hipotesis
Penelitian
Ha : Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa
kelas eksperimen dan kelas kontrol
pada mata pelajaran IPA materi Sifat Benda di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II
Palembang.
Ho : Tidak Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
siswa kelas eksperimen dan kelas
kontrol pada mata pelajaran IPA materi Sifat Benda di Madrasah Ibtidaiyah
Adabiyah II Palembang.
Jika to ≥ tt
maka Ho ditolak dan Ha
diterima, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Jika to < tt maka Ho diterima dan Ha
ditolak, berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Metode
Penelitian
Tujuan
Penelitian
Penelitian eksperimen yang peneliti lakukan disini adalah untuk mencari
adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran IPA
dengan penerapan strategi inkuiri di MI Adabiyah II Palembang.
Tempat
dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan di MI Adabiyah II
Palembang, selama dua minggu, yaitu pada tanggal 3 Juni 2014 dan 6 Juni 2014
untuk kelas eksperimen (diterapkan strategi inkuiri) dan untuk kelas kontrol
(tidak diterapkan strategi inkuiri) dilakukan pada tanggal 2 Juni 2014 dan 6
Juni 2014.
Metode
Penelitian
Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimen sebenarnya
dengan variabel pengaruh adalah strategi inkuiri dan variabel terpengaruh
adalah hasil belajar siswa.
Populasi
dan Sampel
Populasi yang akan
diselidiki dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas IV
Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah Palembang. Sementara itu, sampel penelitian adalah
siswa kelas
IV.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.3 sebagai kelas kontrol. Penetapan
sampel dilakukan dengan cara teknik cluster
sampling.
Instrumen
Penelitian
Jenis tes yang akan diberikan kepada siswa berupa multiple choice item test.
Jumlah instrument test adalah 20 item tes yang digunakan untuk memperoleh data
tentang kemampuan akhir (post-test) siswa sebelum diberikan perlakuan
pada sub pokok bahasan pengaruh perubahan kenampakan bumi dan benda langit.
Teknik
Analisa Data
Setelah data-data
dikumpulkan, selanjutnya data dianalisa secara deskriptif kuantitatif yaitu
dengan cara membahas, menjabarkan, menguraikan dan mencari hubungan-hubungan
masalah yang telah ditela’ah kemudian ditarik kesimpulan secara deduktif.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik tes “t” untuk dua sampel besar (N lebih besar dari 30), sedangkan ke dua
sampel besar itu satu sama lain tidak mempunyai pertalian
atau hubungan.
Hasil
Penelitian
Berdasarkan
hasil pengujian hipotesis dapat diketahui ada perbedaan yang signifikan antara
hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran IPA
dengan penerapan strategi inkuiri di MI Adabiyah II Palembang. Hal ini dapat
dilihat pada perbedaan hasil belajar setelah diadakan post-test dengan hasil mean di kelas eksperimen sebesar 69,03
sedangkan mean kelas kontrol sebesar 57,17. Dan dari analisis uji-t diperoleh
data to > ttabel pada df 60 (2,00 > 2,99 > 2,65)
maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
kata-kata yang baik, mencerminkan pribadi seseorang.