Kamis, 23 Februari 2017

Tugu Surabaya

Assalamu'alaikum...

Yuhuuu,,, lama nggak nulis, kali ini mau cerita sedikit tentang perjalanan di Surabaya. Patung Surabaya. Patung ikan hiu dan buaya yang kemudian disebut Surabaya. Gimana ceritanya coba?

Ada dua versi sih, ada yang bilang kalau nih Patung sebagai tanda pertempuran antara ikan Hiu (Sura) dan Buaya (Baya) yang saling memperebutkan daerah kekuasaan. Versi kedua Surabaya berasal dari Kata Sura dan Baya. Sura berarti Jaya atau selamat Baya berarti bahaya, jadi Surabaya berarti selamat menghadapi bahaya. Bahaya yang dimaksud adalah serangan tentara Tar-tar yang hendak menghukum Raja Jawa. Seharusnya yang dihukum adalah Kertanegara, karena Kertanegara sudah tewas terbunuh, maka Jayakatwang yang diserbu oleh tentara Tar-tar. Setelah mengalahkan Jayakatwang orang-orang Tar-Tar merampas harta benda dan puluhan gadis-gadis cantik untuk dibawa ke Tiongkok. Raden Wijaya tidak terima diperlakukan sepereti ini. Dengan siasat yang jitu, Raden Wijaya menyerang tentara Tar-Tar di pelabuhan Ujung Galuh hingga mereka menyingkir kembali ke Tiongkok.



Yah, bagaimanapun versinya, tetep aja hari peristiwa kemenangan Raden Wijaya ditetapkan sebagai hari jadi Kota Surabaya. Kota yang dikenal dengan nama Kota Pahlawan.
 Lebih seru ketika menikmati indahnya Kota Surabaya bareng temen-temen kece.

Terima kasih sudah menemani selama di Surabaya Ning :)

SBY, 15 Februari 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kata-kata yang baik, mencerminkan pribadi seseorang.